Sabtu, 25 Mei 2013

4 Tips Menghadapi Negative Feedback di Flippa

Feedback, bagaimanapun juga tetap menjadi sebuah tolak ukur seseorang sebelum melakukan pembelian di internet. Jika anda seorang seller dan anda mengoleksi banyak negative feedback, hampir dapat dipastikan masa depan anda suram untuk berdagang di internet kecuali anda bikin akun baru :P ). Begitu juga di Flippa.com, seorang buyer akan mikir berkali kali sebelum mem-bid sebuah auction yang sellernya banyak memiliki negative feedback.
Berikut adalah tips-tips yang bisa anda pakai untuk meminimalisir negative feedback
1. Jangan Terlalu “Over”
Yang saya maksudkan disini adalah deskripsi listingan anda. Jangan terlalu hype, atau menjanjikan hal-hal muluk kepada buyer, misalnya:
“Beli website ini karena website ini akan mengubah hidup anda selamanya”
“Website ini berpotensi menghasilkan $2000/month” dll
Sah sah saja merayu buyer untuk mem bid listingan anda, tapi pastikan kata-kata tersebut tidak menjadi bumerang di kemudian hari. Ingat Flippa punya 2 sistem feedback:
a. Transaction Feedback. Feedback pertama adalah untuk Seller dan Buyer, berlaku setelah 24 jam pertama sampai 60 hari dihitung dari waktu listing ended. Feedback ini pada dasarnya untuk memberi tahu publik apakah transaksi berjalan lancar, apakah Seller menerima pembayaran pada waktunya, dan Buyer menerima domain dan website setelah mengirim payment.
b. Site Quality Feedback. Feedback kedua cuma untuk buyer, lebih ditujukan kepada Buyer yang membeli established websites (tapi kebanyakan korbannya adalah Seller startup sites). Dikirim 3 bulan setelah listing ended dan expire 30 hari setelah itu. Disini buyer akan memberikan feedback sesuai performance website selama 3 bulan ditangan dia, apakah sesuai dengan yang dijanjikan di deskripsi listingan atau tidak. Dan bagi Seller startup sites, bila terlalu banyak menjanjikan hal-hal “wah” di deskripsi listingannya, tapi setelah 3 bulan websitenya tidak menghasilkan apa-apa. Maka bersiap-siap lah mendapat negative feedback.
Feedback no 2 ini agak kurang fair menurut beberapa seller (dan saya sendiri). 3 bulan sebuah website bisa menjadi mesin uang atau bisa menjadi junk, tergantung mesin pencari dan knowledge orang yang memegangnya. Misalnya sebuah website mendapatkan trafik 1K/day saat pembelian, tiba-tiba sebulan setelah itu Google melakukan update dan trafik drop ke angka 500/day, alhasil Sellernya mendapat negative feedback karena performance website tidak sesuai dengan deskripsi di listingan, dan ini bukan salah Seller, melainkan Google yang melakukan update.
Atau sebuah website mendapatkan trafik 1K/day saat pembelian, seminggu setelah itu Buyernya karena kurang pengetahuan membeli service SEO abal-abal, dan websitenya kena pinalty. Trafik drop dan lagi lagi seller yang disalahkan.
Selengkapnya tentang Flippa Feedback bisa anda lihat disini
2. Kontak si Buyer
Apabila anda telah telanjur mendapatkan negative feedback, coba kontak si Buyer (atau tanya Flippa support bila anda tidak mengetahui di transaksi mana anda mendapat negative feedback). Tanya baik baik mengapa dia mengirim negative feedback, bilang padanya bahwa dia telah mendapatkan sesuai yang dijanjikan di deskripsi listingan dan bila ada masalah dengan websitenya, tawarkan bantuan tapi minta terlebih dahulu dia mengirim support ticket untuk me remove negative feedback tersebut. Karena negative feedback di Flippa cuma bisa dihapus oleh Flippa support team. Cara ini sudah saya praktekkan berkali-kali dan Alhamdulillah sukses.
3. Kontak Buyer Setelah Payment Diterima
Usahakan mengontak Buyer secepatnya di Flippa Sale Completion Area setelah payment diterima, kalau bisa langsung push domain atau proses transaksi. Kalau keadaan tidak memungkinkan misalnya anda sedang diluar kota atau koneksi bermasalah, bilang ke Buyer alasan anda sejujurnya. Tapi jangan delay lebih dari 24 jam. Karena setelah 24 jam Buyer akan menerima email dari flippa menanyakan gimana transaksi (Transaction Feedback)
4. Selalu Reply Message Sebelum 24 Jam
Setelah proses transaksi Buyer biasanya menyakan beberapa hal tentang website yang kita jual. Usahakan selalu mereply mereka sebelum 24 jam. Jadi kesannya kita tidak meng ignore mereka dan bukan Hit & Run seller
Itulah 4 Tips menghadapi negative feedback di Flippa, silakan share bila anda rasa berguna, dan kalau ada yang mau didiskusikan bisa di kolom komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar